Sabtu, 10 Juni 2017

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN : BONEKA HORTA

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN : BONEKA HORTA

Histori Boneka Horta

Boneka Horta, mungkin saja ada beberapa dari kalian telah pernah mendengar mengenai Boneka Horta. Boneka ini adalah satu media tanam yang dikemas berbentuk boneka dengan sisi kepala atau sisi yang lain bisa ditumbuhi rumput. Klik

Arti dari nama Boneka Horta itu adalah kependekan dari “hortikultura”. Penemuan boneka rumput ini diawali dari riset sekumpulan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Jawa Barat – yang dimotori oleh Gigin Mardiansyah, Nisa Rahmania, serta Asep Rodiansyah. Boneka Horta adalah hasil inovasi pertama di Indonesia yang di buat dengan masal dengan memadukan elemen permainan serta elemen edukasi yang bertopik tanaman. Histori dari usaha ini bermula dari Program Kreativitas Mahasiswa bagian Kewirausahaan, lalu lolos serta didanai. Dengan dana itu mereka lakukan penelitian serta meningkatkan usaha Boneka Horta serta sekarang ini sudah jadi CV dengan nama d’creatif. 

Inspirasi awal pembuatan boneka Horta ini sebenarnya dari dosen IPB, Dr Ni Made Armini Wiendy, yang menginginkan buat media edukasi buat anak-anak agar mengetahui tanaman mulai sejak awal. Lalu, Gigin serta ke enam rekannya tertarik untuk buat boneka karna dinilai pas serta menarik untuk jadi media edukasi untuk anak-anak.

Saat ini Boneka Horta jadi satu diantara usah kecil mikro menengah yang ada di Indonesia yakni usaha kerajinan tangan (Handicraft). Mengenai pengertian kerajinan tangan yaitu aktivitas yang terkait dengan barang yang dibuat lewat ketrampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang di buat umumnya terbuat dari beragam bahan. Dari kerajinan ini hasilkan hiasan atau benda seni ataupun barang gunakan. Contoh daerah yang termasuk juga sentra kerajinan tangan di Indonesia yaitu Kota Bogor.


Langkah Pembuatan Boneka Horta

Langkah buat boneka horta bisa ditangani oleh semuanya kelompok usia, terlebih ditangani oleh anak umur sekolah, karna bisa mengajarkan anak untuk berwiraswasta, bisa mengasah kreatifitas anak umur sekolah dan bisa melatih anak langkah menjaga tanaman yang dibuatnya ataupun melatih anak untuk mencermati tumbuh kembang tanaman.

Di bawah ini yaitu bahan serta alat yang dipakai untuk buat boneka horta.
Bahan

· Kaos stoking atau kain kasa halus
· Serbuk gergaji/serbuk kayu halus
· Pupuk
· Bibit rumput
· Benang/pita jepang (jadi pengganti benang untuk mengikat)
· Hiasan pendukung seperti kancing, mata boneka, serta lain-lain
Langkah Membuatnya
- Pertama masukan bibit rumput kedalam kaos stoking atau kassa pada posisi yang disuka (pada sisi kepala boneka maupun di bagian punggung, dan lain-lain).
- Campur pupuk dengan serbuk kayu gergaji.
- Isi kombinasi pupuk serta serbuk kayu gergaji dalam kaos stoking atau kassa yang sudah dibuat jadi sisi kepala, tubuh, tangan atau kaki.
- Satukan tiap-tiap sisi lewat cara menjahit dengan benang serta berikan hiasan (seperti gambar) hingga berupa boneka.
- Rendam beberapa badan boneka yang dikehendaki untuk ditumbuhi rumput sebentar saja.
- Lantas rawat lewat cara melindungi kelembapan beneka atau siram dengan air jika memang perlu.


Sistem tumbuh tanaman rumput lebih kurang 3 (tiga) hari. Bila tanaman rumput tumbuhnya tidak rata atau sangat panjang bisa dibuat serta pangkas rumput sesuai sama selera supaya terlihat lebih indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar