Senin, 29 Mei 2017

Boneka Bisou serta Isobel Era ke-16 sampai ke-20

Era ke-16
Bahan serta mutu boneka selalu diperbaik. Pabriknya juga bukan sekedar di Jerman, namun juga di Inggris, Perancis, Belanda, serta Italia. Th. 1636 mulai terwujud boneka yang rambutnya terbuat dari rambut wanita sungguhan. Jual Hadiah Wisuda

Era ke-17
Pada jaman ini, boneka tidak saja berupa wanita anggun, namun juga bentuk lain seperti bayi dengan pakaian tidur atau bocah kecil dengan kostum kelasi. Tampilan boneka tak akan sekaku dahulu. Berbahan saja tak akan menggunakan kayu atau tanah liat, namun dari kulit lembut (soft leather) serta lilin agar kulitnya terlihat seperti manusia. Lantas terkecuali mata yang telah dapat digerakkan, boneka juga mulai dapat keluarkan nada tangis serta jalan.

Era ke-18
Pada jaman ini mulai terwujud boneka yang dapat berkata " Ayah " serta " Ibu " bila ditekan. Ini karena kotak nada mekanik oleh Johann Nepomuk Maelzel pada th. 1827. Diluar itu, bahan yang dipakai untuk bikin boneka makin variasi. Terkecuali lilin serta soft leather, ada karet, porselin, keramik hingga selluloid.


Era ke-19
Perubahan boneka makin cepat. Beberapa pembuat boneka sama-sama adu kekuatan untuk bikin yang paling baik. Oleh karenanya, beragam karakter boneka bermunculan di market. Yang populer yaitu " Kewpie " (1913), boneka anak kecil yang berpipi tembam serta berperut besar biuatan Rose O'Neill dar Amerika. lantas, " Raggedy Ann " (1918), boneka kain buatan Johny Gruelle yang mencerminkan kebaikan, keberanian, serta kejujuran, dan " Bye-Lo Babby " (1922), boneka bayi baru lahir yang dapat memejamkan mata waktu tidur buatan Grace Putnam dari Jerman. Bermacam ekspresi serta elemen muka boneka juga makin komplit. Ada yang ditambah bulu mata, lesung pipi, mulutnya di buka hingga giginya tampak, kukunya di beri pewarna kuku, hingga yang dapat minum serta mengompol.

Era ke-20
Pada jaman ini, boneka boneka di market umumnya terbuat dari plastik serta vinil. Keunggulan boneka bukan sekedar dalam ekspresi namun juga style. Misalnya Barbie yang nampak th. 1959 di ciptakan oleh Ruth Handler. Boneka remaja itu mempunyai aksesori, pakaian serta peralatan yang berbagai macam, serta rambutnya dapat dicuci, diatur atau disisir sama dengan rambut manusia. Walau boneka modis ini bukanlah bermakna sama juga dengan boneka modern yang nampak di Eropa. Manfaatnya saja telah lain. Bila dahulu jadi patokan model, saat ini sekedar hanya mainan.

Festival boneka

Di sebagian negara, boneka bukan sekedar dipajang atau dimainkan dengan cara perseorangan. Namun dirayakan berbarengan. Umpamanya di Jepang yang ada perayaan spesial yang namanya Hina Matsuri (festival boneka). Hina Matsuri diselenggarakan tiap-tiap tanggal 3 Maret serta kerap diberi nama " festival anak perempuan ". Pada tanggal itu tiap-tiap keluarga yang mempunyai anak gadis memajang koleksi boneka mereka serta berdoa agar anak gadis mereka dapat tumbuh dewasa serta senantiasa di beri keceriaan. Di India ada festival boneka yang bernama " Navaratri ". Sesuai sama namanya " Navaratri ", atau 9 malam, perayaan itu memanglah diselenggarakan sepanjang 9 malam untuk menghormati beberapa dewi, yaitu Durga, Lakshmi, serta Saraswati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar