Senin, 29 Mei 2017

Boneka Bisou serta Isobel

Boneka Bisou serta Isobel.
Boneka (bhs Portugis : boneca) yaitu semacam mainan yang bisa berupa beberapa macam, terutamanya manusia atau hewan, dan tokoh-tokoh fiksi. Boneka dapat disebutkan satu diantara mainan yang paling tua, karna pada jaman Yunani, Romawi maupun Mesir kuno saja boneka telah ada. Tetapi manfaat, bentuk, ataupun bahan pembuatnya nyatanya tidak sama sekali pada dahulu serta saat ini. Jual Boneka Wisuda

Biasanya boneka di buat sebagai mainan anak-anak, tetapi terkadang dipakai untuk beberapa fungsi ritual yang terkait dengan alam atau beberapa hal yang berbentuk gaib maupun mistik umpamanya berbentuk upacara upacara ritual keagamaan pada jaman dahulu, permainan jelangkung, sihir maupun upacara pemanggilan roh. Kerapkali boneka diketemukan pada makam-makam kuno atau bebrapa website histori ataupun prasejarah.


Perubahan boneka dari jaman ke jaman
3000-2000 SM
Pada jaman ini, boneka biasanya terbuat dari tanah liat, tulang, ataupun patahan kayu, maupun potongan kain. Memiliki bentuk masih tetap begitu simpel serta mempunyai manfaat ritual. Misalnya di Yunani serta Romawi Kuno. Tiap-tiap anak perempuan mesti mempunyai boneka, lalu membikinkan pakaiannya, serta harus menyimpannya hingga mendekati pernikahan. Waktu mendekati pernikahan, boneka itu harus ditempatkan di altar Artemis (untuk orang Yunani) maupun altar Diana (untuk orang Romawi) untuk upacara keagamaan. Di Mesir kuno, boneka dipakai sebagai pengganti kurban manusia.

600 SM
Pada jaman ini mulai ada boneka yang pakaiannya dapat ditukar, serta kaki dan tangannya dapat digerakkan. Manfaat boneka masih tetap sama dengan pada jaman terlebih dulu, yaitu untuk upacara ritual. Boneka adalah deskripsi humanis.

Era ke-5
Pada jaman ini, bahan boneka mulai ada yang terbuat dari kayu. Manfaat ritual boneka masih tetap merasa pada jaman ini. Seperti di Meksiko, bonekanya banyak yang berwujud keluarga suci serta dipakai untuk perayaan Natal. Untuk suku Indian Hopi, boneka jadi sisi dalam upacara kesuburan (memohon agar diberikan kesuburan atau kemakmuran).

Era ke-14
Boneka modern mulai nampak di Eropa. Memiliki bentuk begitu tidak sama dengan boneka yang ada terlebih dulu. Berwajah cantik serta halus seperti manusia, dan berdada. Pada jaman ini boneka tak akan berbentuk ritual, namun untuk model. Karenanya, boneka memakai pakaian atau gaun serta rambut yang benar benar serupa dengan model pada jaman itu. Seringkali beberapa bangsawan memakai boneka untuk menunjukkan sekalian memopulerkan boneka di negara mereka (maklum pada saat itu majalah model belum ada). Ini seperti yang dikerjakan ratu Perancis, Isabeau dari Bavaria, di hadapan ratu Inggris. Sebenarnya karena boneka, model Perancis dapat jadi lebih popular diluar negeri.

Era ke-15

Bila pada jaman terlebih dulu boneka di buat untuk pribadi, mulai jaman ini dikomersialkan. Manfaatnya juga berubah dari ritual serta model jadi mainan. Dalam histori terdaftar, pembuat boneka dengan cara komersial pertama ada di Jerman. Kota-kota yang memproduksinya yaitu Nuremberg, Augsburg, serta Sonneberg. Berbarengan dengan ituserikat pekerja pembuat boneka terbentuk hingga ada ketentuan standard dalam bikin serta pasarkan boneka. Tampilan boneka-boneka yang di produksi di Jerman semasa itu biasanya seperti wanita Jerman sesunguhnya. Bahan seperti kayu, tanah liat serta potongan kain masih tetap dipakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar